Thursday, September 30, 2010

DIASTON-OBAT DIARE

Diare adalah kondisi yang ditandai oleh keluarnya feses secara abnormal dalam interval waktu yang sangat singkat. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya perubahan diet, intorelansi makanan, seperti laktosa, gangguan inflamasi pada usus, karena mengonsumsi obat, seperti antibiotik, kandungan magnesium dalam antasid, infeksi bakteri (rotavirus pada anak-anak).Diare, khususnya pada anak-anak dan orang tua, lebih cepat menimbulkan dehidrasi. dehidrasi dapat bersifat fatal dan memerlukan penanganan medis secepatnya.
Antidiare : amerol, andikap, bekarbon, colidium, diadium, diaend, diagit, diapet, diasec, diaston, entrogard.
Amerol : dewasa awal 2 tablet kemudian 1 tablet setiap habis defekasi, maks : 8tablet/hari. anak >8 th awal 1tab kemudian sesuai kebutuhan, maks : 4-6tab/hr. anak <8th 0,08mg/kg BB/hr
Diare pada anak ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya disertai dengan konsisitensi feses yang cair. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh virus, biasanya rotavirus, pada saluran pencernaan. Selain itu, diare juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit, serta faktor lain seperti obat-obatan dan intoleransi laktosa. Diare pada anak dapat bersifat akut ( onset timbulnya atau berlangsungnya dalam waktu lama). Diare yang berlangsung selama 1-2 hari dapat menyebabkan anak mengalami dehidrasi.
Elektrolit : aspar-K, corsalat 200, dextrose in acetated ringer’s euro-med
Produk nutrisi : enercal, enercal plus, nutrilon soya 3
Produk nutrisi bayi : bebelac FL, nestle NAN1, nursoy, nutrilon less lactose
Pengobatan diare
1. Oralit
Oralit merupakan satu-satunya obat yang dianjurkan untuk mengatasi diare karena kehilangan cairan tubuh. Oral tidak menghentikan diare, tetapi mengganti cairan tubuh yang hilang bersama tinja. Dengan mengganti cairan tubuh tersebut. Oralit tersedia dalam bentuk serbuk untuk dilarutkan dan dalam bentuk larutan. Oralit dalam bentuk serbuk dapat disimpan sebagai persdiaan di rumah tangga, jika terjadi diare sewaktu-waktu.
Komposisi oralit 200 : glukosa anhidrat 4,0 gr; natriumklorida 0,70gr; natrium sitrat hidrat 0,58gr; kalium klorida 0,30 gr.
Serbuk (25 bungkus @ 5,6 g) dilarutkan dalam 200 ml atau satu gelas air matang hangat. Cairan (botol plastik @ 200 ml).
2. Attapulgit, pektin
Indikasi : pengobatan simptomatik pada diare yang tidak diketahui penyebabnya
3. Karbo adsorben
Indikasi : antidiare, antidotum (adsorben untuk berbagai keracunan obat dan toksin)
4. Bismuthi subsalisilat
Indikasi : pengobatan diare nonspesifik yaitu yang tidak derdarah dan tidak diketahui penyebabnya.
5. Psidium folium extract siccum
Indikasi : mengurangi seringnya buang air besar dan memadatkan tinja pada penderita diare.
Kontadiksi : ibu hamil dan menyusui, penderita yang memiliki kelainan atau kecenderungan pendarahan kerusakan saluran empedu atau tukak lambung kronis, hipersensitivitas.
Batuk kering/non produktif tidak disertai sputum, menimbulkan gejala iritasi dan gatal pada tenggorokan. dibandingkan batuk produktif, batuk kering tidak menimbulkan gejala atau keluhan apapun selain batuk. batuk kering yang bersifat sangat berat dapat menyebabkan suara serak sampai hilang. batuk kering seringkali dipicu oleh terhirupnya partikel-partikel makanan, asap atau uap iritan, perubahan suhu udara, serta asap rokok. Juga diakibatkan oleh infeksi virus atau flu yang belum lama terjadi. Batuk kering mungkin merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan, seperi asma, refluks gastroesofagus (GERP), atau gagal jantung. Obat-obat tertentu, misalnya ACE inhibitor (antihipertensi), diketahui dapat memicu terjadinya batuk kering.
Antitusif (batuk kering)
Obatnya : DEXTROSIN
Komponen : per tab : dextromethorphan HBr 15 mg.
Phenylephrine HCl 5mg, chlorphenirame maleate 2mg, guafenesin 50mg
Per 5 ml sir.dextromethorphan HBr 15mg
Diphenhydramme HCl 5mg, glyceryl gualacdate 50mg
Dosis : dewasa 1tab 4x/hr atau 5ml3x/hr
Anak 6-12th 2,5ml 3x/hr
Harga : tab. Salut gula 15 (Rp 5.775)
Sir. 60ml (Rp 8.800). 120ml (Rp 14.850)
Batuk pilek (selesma) adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus. Biasanya menular melalui kontak langsung atau melalui secret yang dikeluarkan oleh penderita saat batuk atau bersin. Virus memasuki tubuh melalui mulut atau hidung, sesudah berjabat tangan dengan seseorang sedang pilek, dan menggunakan barang secara bersama, seperi handuk, telepon. Biasanya tidak berbahaya, tetapi menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika tidak diobati, lama kelamaan dapat terjadi komplikasi, seperti otitis media (infeksi telinga akut), sinusitis, bronchitis, pneumonia.
Batuk produktif
Batuk adalah suatu proses alami yang penting untuk menjaga agar tenggorokan dan jalan nafas senantiasa bersih. Pada batuk produktif, pasien mungkin mengalami keluhan seperti rasa tidak nyaman akibat banyaknya dahak di dalam saluran pernafasan dan sulit bernafas, yang sering menimbulkan stress. Batuk produktif disertai dengan keluarnya lendir atau dahak. Gejala biasanya bertambah berat selagi individu melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau berbicara. Batuk produktif ada kalanya merupakan gejala sisa dari nyeri tenggorokan, kongesti nasal dan kongesti sinus. Namun demikian, gejala batuk yang sangat berlebihan mungkin merupakan pertanda adanya suatu penyakit atau gangguan kesehatan, sehingga membutuhkan penanganan medis.
Ekspektoran : actifed ekspektoran, ambril, anacetin, bodrexin, bisolvon extra, benacol, bidryl, collerin ekspektoran, corexin, coredryl, ikadryl, fortusin, flusep.
Ekspektoran (batuk berdahak)
Obatnya : Glyceryl guaiacolate berlico (prod. Berlico mulia farma)
Komposisi : glyceryl guaiacolate
Dosis : dewasa 2-4 tab tiap 4 jam, max 24 tab/ hr
Anak 2-6 th ½-1tab tiap 4 jam, max 26tab/hr. 6-12 th 1-2 tab tiap 4 jam, max 12 tab/hr
Mukolitic : ambril, bisolvon, bromika, solmux, mucolica, broncozol.
Obat batuk dan pilek : Actifed, alco, alerfed, ambril, anadex.
Dekongesten nasal dan preparat nasal lain : afrin, otrivin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun...